Rabu, 02 Desember 2009

NARASI PENDIDIKAN

VISI PENDIDIKAN :
"TERWUJUDNYA PENDIDIKAN YANG ASPIRATIF, BERKUALITAS, DAN MANDIRI "


MISI – MISI PENDIDIKAN :
  1. MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA DALAM INTERNAL ORGANISASI DAN PUBLIK
  2. MEWUJUDKAN AKSES PENDIDIKAN MERATA DAN BERMUTU DI SEMUA JENJANG PENDIDIKAN DAN JENIS PENDIDIKAN
  3. MEWUJUDKAN RELEVANSI PENDIDIKAN DENGAN KEBUTUHAN MASYARAKAT DAN DUNIA USAHA
  4. MEWUJUDKAN PEMBINAAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
  5. MEWUJUDKAN PARTISIPASI PEMERINTAH, MASYARAKAT DAN DUNIA USAHA DALAM MENDUKUNG PENDIDIKAN
  6. MEWUJUDKAN SEKOLAH – SEKOLAH UNGGUL DI SETIAP JENJANG PENDIDIKAN

ANALISIS LINGKUNGAN, INTERNAL DAN EKSTERNAL
KEKUATAN ( STRENGTHS ) :
  1. MEMILIKI WILAYAH YANG LUAS
  2. SUMBER DAYA ALAM YANG MELIMPAH DAN DIKELILINGI PERUSAHAAN – PERUSAHAAN BESAR
  3. JUMLAH SEKOLAH YANG BESAR; 48 TK, 43 SD/MI, 20 SMP/MTS, 15 SMA/SMK/MA.
  4. JUMLAH TENAGA PENDIDIK; 541 ORANG PNS, 156 ORANG KONTRAK,DAN 823 ORANG HONOR KOMITE
  5. JUMLAH SISWA; 1200 ORANG MURID TK, 12900 ORANG MURID SD/MI, 6500 ORANG MURID SMP/MTS, 4200 ORANG SISWA SMA/SMK/MA.

KELEMAHAN ( WEAK NEESES )
  1. SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN BELUM MEMADAI
  2. KEKURANGAN GURU ( PNS ) PADA SEMUA TINGKAT PENDIDIKAN; SD 213 ORANG, SMP 125 ORANG, SMA 55 ORANG, DAN TATA USAHA 75 ORANG (1 ORANG PER SEKOLAH)
  3. MASIH RENDAH PARTISIPASI PEMERINTAH DAERAH, PERUSAHAAN, DAN MASYARAKAT TERHADAP KEMAJUAN PENDIDIKAN DI KECAMATAN TAPUNG
  4. SEMANGAT BELAJAR SISWA MASIH RENDAH, AKIBAT MASIH RENDAHNYA MOTIVASI MASYARAKAT DAN ORANG TUA.
  5. MUTU LULUSAN PADA UJIAN NASIONAL RATA – RATA; SD/MI MASIH RENDAH, SMP/MTS SEDANG, DAN SMA/SMK/MA SEDANG
  6. BELUM MEMILIKI SEKOLAH KEJURUAN YANG MEMADAI

PELUANG (OPPORTUNITIES )
  1. PUNYA POTENSI UNTUK MENGEMBANGKAN SEKOLAH MAJU DAN BERMUTU
  2. PUNYA PELUANG MENINGKATKAN KESADARAN PEMERINTAH DAERAH, PERUSAHAAN DAN MASYARAKAT DALAM USAHA MENDUKUNG PENDIDIKAN
  3. PELUANG MENDIRIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
  4. PELUANG MENDIRIKAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL DI SEMUA JENJANG PENDIDIKAN
  5. TERBUKA LAPANGAN KERJA
  6. BISA DI LAKUKAN SELEKSI KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM MEWUJUDKAN MANAJEN PENDIDIKAN YANG BERORIENTASI KEPADA MUTU PENDIDIKAN
ANCAMAN ( TREATHS )
  1. JIKA PARTISIPASI PEMERINTAH DAERAH, PERUSAHAAN TIDAK DI TINGKATKAN DI KUATIRKAN MUTU PENDIDIKAN MENURUN
  2. JIKA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN YANG MEWADAI DAN BERMUTU TIDAK DI MILIKI, DIKUATIRKAN LAPANGAN KERJA BARU DI REBUT OLEH SDM DARI LUAR DAERAH
  3. JIKA PEMERINTAH DAERAH TIDAK MENAMBAH/MENGADAKAN GURU YANG BERKUALIFIKASI MEMADAI PADA SETIAP JENJANG PENDIDIKAN DI KUATIRKAN MUTU PENDIDIKAN PADA UMUMNYA RENDAH
  4. SISWA KITA AKAN KETINGGALAN DI BIDANG IPTEK
  5. JIKA PROMOSI KEPALA SEKOLAH TIDAK MELAUI SELEKSI DI KUATIRKAN SULIT MENDAPATKAN SEKOLAH YANG BERWAWASAN MAJU, EFISIEN DAN EFEKTIF.
(DI LANJUTKAN DENGAN PROGRAM AKSI)
DISKUSI MENGENAI PENDIDIKAN,EDUCATION FOR ALL. ASIA FASIFIC)

Pengikut